Background

Mengenal Musik Etnik Sunda

Mungkin teman-teman semua sepakat jika menyebut Indonesia adalah sebuah negara yang kaya raya akan budayanya. Tidak mengherankan karena kebudayaan nasional Indonesia terbentuk oleh adanya ratusan suku bangsa yang tersebar di negara Indonesia. Adapun beberapa diantaranya seperti suku Jawa, suku Aceh, suku Nias, suku Dayak, suku Sunda dan masih ada ratusan suku lainnya yang tersebar di Indonesia.
Hampir seluruh suku di Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khusus dan khas. Dari keunikan tersebut bisa nampak terlihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Seni tradisional itu sendiri mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi, sehingga dapat dikenali karakter dan ciri khas masyarakat Indonesia, yaitu yang terkenal ramah dan santun.

Siapa yang pernah tahu berapa jumlah pasti alat musik tradisional Indonesia. Sungguh sebuah kekayaan intelektual milik budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Namun dilain pihak banyak pula yang tidak mengetahui bahkan sama sekali belum pernah mendengar alat musik tradisional tersebut dimainkan, ditengah derasnya industri musik modern alat musik tradisional ini semakin terpinggirkan.
Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa dan merupakan etnis kedua terbesar di Indonesia. Sekurang-kurangnya 15,41% penduduk Indonesia merupakan orang Sunda. Suku Sunda terkenal dengan berbagai ragam keseniannya, dalam dunia seni tari suku ini terkenal dengan Tari Topeng, Tari merak, hingga yang paling populer yakni Tari Jaipongan yang merupakan salah satu seni budaya yang terkenal dari daerah ini. Jaipongan atau Tari Jaipong sebetulnya merupakan tarian yang sudah modern karena merupakan modifikasi atau pengembangan dari tari tradisional khas Sunda yaitu Ketuk Tilu. Tari Jaipong ini dibawakan dengan iringan musik yang khas pula, yaitu degung. Musik ini merupakan kumpulan beragam alat musik seperti gendang, gong, saron dan kecapi
Selain seni tari, tanah Sunda juga terkenal dengan seni suaranya. Dalam memainkan Degung biasanya ada seorang penyanyi yang membawakan lagu-lagu Sunda dengan nada dan alunan yang khas. Penyanyi ini biasanya seorang wanita yang dinamakan Sinden. Tidak sembarangan orang dapat menyanyikan lagu yang dibawakan Sinden karena nada dan ritme-nya cukup sulit untuk ditiru dan dipelajari.
Dari segi alat musik tradisional, suku sunda memiliki beberapa alat musik khas yang terbuat dari bambu seperti Calung, Suling Sunda, dan yang paling fenomenal yaitu Angklung. Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010

Categories: Share

Leave a Reply